Kamis, 14 Februari 2013

Kemanakah arah Gold??

Financeroll- Berbagai perdebatan mengemuka, sikapi fenomena perang mata uang dan pengaruhnya bagi harga Emas. Secara fundamental, berbagai sentiment non teknis bagi harga emas memang sangat kacau dan saling silang berbenturan.

Disatu sisi, bank-bank sentral kembali melonggarkan kebijakan moneternya  hingga menciptakan perang mata uang. Disisi lain, inflasi ternyata stabil dan harga logampun masih bisa dikontrol. Dengan melihat kenyataan ini, untuk menerawang harga emas dikemudian hari, kiranya perlu melihat rekam jejak harga emas dalam periode yang lebih panjang sebagai panduan.

Secara teknis, pergerakan harga emas telah membentuk pola triangle dimana secara tradisional diyakini bahwa segitiga yang simetris ini merupakan pola yang akan berkesinambungan. Semenjak harga emas bergerak naik terus dalam jangka yang panjang, mulai tahun 2000, pola triangle selalu menandai pijakan harga emas untuk menanjak kembali.

Dimulai diakhir 2008, harga emas mulai naik dalam tren yang kuat. Dalam pergerakan yang halus sejalan dengan garis trennya hingga pertengahan 2011. Hingga pertengahan 2011 harga emas yang naik juga mendapat dukungan dalam pola parabolic, suatu kejadian yang kurang lazim namun kemudian tidak dipungkiri bahwa harga emas mulai September 2011 berbalik arahnya.

Semenjak itu, harga emas terus bergerak dalam kanal yang berusaha menembus batas atas kembali, namun gagal dan menurun kembali. Jatuhnya harga emas kemudian membuat pergerakan yang lebih dalam hingga akhir tahun. Di awal 2012, harga emas mulai berusaha naik kembali, dan kenaikan ini juga gagal dengan berbalik arahnya harga emas di bulan Februari. Mencoba menembus batas bawahnya, namun sebagaimana indikasi Parabolicnya, harga emas mulai naik kembali di bulan Agustus. Dibulan Oktober hingga kini, praktis harga emas mengalami penurunan. Dari grafis, terlihat bahwasanya tren harga emas telah mengalami perubahan.

Pergerakan harga emas, kedepannya adalah cenderung menuju ke $1,284 apabila mampu menembus garis triangle sebaliknya jika berbalik menguat, maka akan menuju ke $2074. Saat ini emas memang berada di persimpangan kritis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar