Jumat, 30 September 2011

Emas Masih Didukung Permintaan Fisik

Harga emas memangkas gain-nya pada hari Kamis, terdukung oleh tingginya permintaan fisik dan penguatan euro, namun terlepas dari level tinggi setelah persetujuan Parlemen Jerman untuk menambah dana bantuan zona Eropa mengurangi daya tarik emas sebagai safe haven.

Setelah persetujuan Parlemen Jerman untuk menambah dana bantuan zona Eropa mengurangi daya tarik emas sebagai safe haven. Sebelumnya emas sempat naik akibat diskusi bahwa Kanselir Jerman Angela Merkel dapat menghadapi perlawanan dari partainya sendiri dalam voting dana bantuan, namun harga kembali turun seiring berita itu memudar.

"Emas adalah mata uang yang tidak terkait hutang, sehinnga jika ada kecemasan mengenai situasi hutang di AS dan zona Eropa, emas yang akan dicari-cari," ucap Danske Bank analis Christin Tuxen. "Masih ada banyak alasan menganggap emas sebagai safe-haven." Emas masih terdukung oleh aksi beli fisik pasca aksi jual pekan ini membawa harga menuju level rendah beberapa minggu. Investor juga melikuidasi emas untuk menutupi kerugian pada pasar lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar