Rabu, 21 Maret 2012

Jaminan Dari Arab Saudi Tenangkan Pasar Minyak

21 Maret 2012

Harga minyak turun sebesar 1% pada hari Selasa seiring Arab Saudi berusaha menekan kenaikan harga yang telah mengancam perekonomian global, ditegaskan oleh keterangan oleh menteri perminyakan OPEC bahwa Arab Saudi siap untuk memenuhi kekurangan suplai.

 Menteri perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi mengatakan pihaknya menghasilkan 9.9 juta barel perhari – level tertinggi dalam 1 dekade – mensuplai setiap konsumen dan bersedia mengucurkan kapasitas maksimum yaitu 12.5 juta barel perhari jika dibutuhkan.

Arab Saudi yang sebelumnya mencoba untuk menenangkan pasar minyak dari ancaman hilangnya suplai dari Iran tahun ini, telah mengisi penyimpanan di luar negaranya hingga 10 juta barel untuk cadangan pasar.

"Saya ingin meyakinkan anda bahwa tidak ada kekurangan suplai pada pasar," ucap Naimi pada reporter di Doha, Qatar, sembari menambahkan bahwa suplai saat ini melebih tingkat permintaan global lebih dari 1 juta barel per hari. "Kami siap dan bersedia mengucurkan lebih banyak minyak pada pasar, namun membutuhkan pembeli."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar