Selasa, 19 Juli 2011

Kecemasan Hutang Hantui Minyak

Minyak AS turun untuk ditutup di bawah level $96 per barel hari Senin seiring meningkatnya kecemasan default pada AS dan Eropa serta akibat kemungkinan International Energy Agency (IEA) kembali merilis cadangan darurat.

Pemerintah di Eropa dan AS belum memberikan solusi yang jelas terhadap permasalahan hutang mereka masingmasing, memaksa investor beralih menuju 'safe havens' seperti emas, yang rally ke rekor tinggi di atas $1,600 per ons. "Investor cemas mengenai apa yang sedang terjadi, terutama di Eropa dimana sebagian melihat krisis hutang memburuk," ucap Joachim Azria, analis pada Credit Suisse di New York.

"Pasar minyak bergejolak dalam beberapa bulan lalu dan dengan fokus pada masalah hutang di Eropa trader akan beralih pada mode 'wait and see' sepanjang musim panas." Juru bicara pemerintah Perancis Valerie Pecresse mengatakan ia yakin pertemuan pemimpin 17 negara di zona Eropa di Brussels hari Kamis akan mencapai kesepakatan untuk menyelamatkan Yunani, menambah bantuan senilai 110 milyar euro (154 milyar dollar) yang diluncurkan Mei lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar