Rabu, 27 Juni 2012

Kecemasan Deflasi Lorotkan Emas

27 Juni 2012 

Harga emas turun pada hari Selasa di tengah kecemasan deflasi akibat data kepercayaan konsumen AS yang mengecewakan dan krisis hutang Eropa saat ini.

Turut mengikis daya tarik emas adalah lelang obligasi Spanyol yang tidak menarik perhatian investor, mendorong yields naik. Tingkat kepercayaan ekonomi AS yang ada di level rendah 5 bulan juga turut menandakan ekonomi sedang melemah.

Aksi jual pada emas kian deras pasca Angela Merkel dari Jerman mengatakan pada salah satu partai koalisinya bahwa menurutnya Eropa tidak akan berbagi liabilitas total hutang seumur hidupnya.

Komentar Merkel dilontarkan menjelang pertemuan penting pemimpin Eropa di Brussels hari Kamis yang bertujuan mengatasi krisis hutang kawasan yang sudah berumur dua setengah tahun.

"Jika Jerman menolak usulan atas kebijakan yang lebih akomodatif pada pertemuan mendatang, tekanan turun pada emas dan sejumlah pasar lainnya akan bertambah, seiring investor menerjemahkan langkah tersebut sebagai penolakan pelonggaran lebih lanjut," ucap Edward Meir, analis logam pada INTL FC Stone.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar