Senin, 12 November 2012

Fiscal Cliff Ceriakan Emas

12 November 2012

Penguatan emas terpangkas, bertahan dibawah level tertinggi dalam tiga minggu pada hari Jumat, namun penguatan emas masih didukung oleh kebijakan moneter AS yang diperkirakan akan tetap longgar, setelah Presiden Barack Obama terpilih kembali, dan meningkatnya kekhawatiran akan fiscal cliff yang dapat memangkas pengeluaran publik AS.

Sejak pemilu AS pada hari Selasa, investor mulai khawatir bahwa para politisi Washington mungkin berjuang keras untuk menemukan kata sepakat supaya dapat memangkas defisit anggaran sebelumnya yang mendekati angka $ 600 milyar dengan cara pemotongan anggaran belanja dan meningkatkan pajak pada awal tahun 2013.

Emas menguat pada hari Rabu setelah Obama terpilih kembali, sehingga memberi dorongan pada pasar dengan mengakhiri pekan yang tidak menentu dan sejak diperpanjangnya penguatan emas seiring khawatir atas fiscal cliff.

“Perselisihan (antara Obama dan Kongres) yang antara sekarang dan akhir tahun, mungkin akan mendukung penguatan emas,” kata Wiliam Adams, kepala riset di Fastmarkets.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar