Rabu, 08 Juni 2011

Dollar AS: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga!

Rabu, 08 Juni 2011 12:02 WIB








Monexnews - Dollar AS terus tertekan di kisaran negatifnya terhadap major currencies dan merosot hingga ke rekor terendah versus Franc Swiss di hari Rabu setelah kemarin pihak regulator mata uang senior China memberi peringatan waspada terhadap resiko bila berinvestasi terlalu banyak dalam aset berdenominasi Dollar.
 
Meskipun seruan tersebut tidak menimbulkan kecemasan baru, namun menambah tekanan terhadap Dollar AS. Kalangan trader mengatakan bahwa komentar itu telah menambah bias anti-Dollar di pasar, pasca data ekonomi AS yang mengecewakan baru-baru ini dan kekhawatiran tentang besarnya defisit anggaran negara.
 
Bak sudah jatuh tertimpa tangga pula, pelemahan dollar A.S makin diperburuk setelah Gubernur Federal Reserve, Ben Bernanke pada Selasa malam mengakui adanya perlambatan pada ekonomi namun tidak menandakan bahwa bank sentral sedang mempertimbangkan stimulus moneter tambahan untuk mendukung pertumbuhan.
 
Bernanke juga memperingatkan pemerintah di Washington yang sedang mempertimbangkan pemangkasan anggaran secara agresif, karena hal itu berpotensi menghambat pemulihan ekonomi.
 
"Pertumbuhan ekonomi AS dalam tahun ini nampak melambat dari perkiraan," ucap Bernanke. "Sejumlah indikator juga menunjukkan pasar buruh kehilangan momentum dalam beberapa pekan terakhir," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar