Rabu, 22 Februari 2012

Kesepakatan Yunani Ceriakan Emas

Emas naik untuk ditutup dekat level $1,758 pada hari Selasa, mengalahkan kenaikan pada euro dan bursa saham, seiring kesepakatan bailout Eropa membuat investor memilih emas di tengah keraguan mengenai efetivitas bailout.

 Emas rally ke level tertinggi dalam lebih dari 2 pekan setelah menteri keuangan zona Eropa menyetujui paket bantuan senilai 130 milyar euro (172 milyar dollar) untuk Yunani.

Analis mengatakan kesepakatan tersebut memberikan zona Eropa lebih banyak waktu namun menimbulkan keraguan terhadap kemampuan Yunani untuk pulih dan menghindari default.

Sebelumnya emas terdukung oleh langkah Cina yang memangkas rasio permodalan dan berjanji akan membantu blok Eropa. Emas juga mendapat dorongan kuat pasca keputusan Fed AS bulan lalu untuk menahan tingkat suku bunga dekat nol setidaknya hingga akhir 2014.

 "Emas rally akibat Uni Eropa mengulur waktu," ucap Rob Kurzatkowski, senior commodity analyst at optionsXpress. "Bailout tidak hanya menunda default Yunani, namun juga membuka peluang bagi kenaikan
inflasi di zona Eropa," ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar