Selasa, 15 Mei 2012

Commerzbank Tidak Terkejut Jika Emas Menguji $1520

15 Mei 2012

Harga emas jatuh ke level rendah 4½ bulan akibat berlanjutnya penguatan dollar AS pasca memburuknya kekhawatiran atas krisis utang zonaeuro setelah Yunani gagal menyusun koalisi pemerintahan.

"Emas tertekan oleh penguatan dollar AS," ujar Daniel Briesemann, analis di Commerzbank. "Saya tidak akan terkejut jika emas menguji level rendah Desember $1520. Jika level tersebut berhasil ditembus maka emas dapat makin terpuruk hingga di bawah $1500."

Pasar mengkhawatirkan krisis utang zonaeuro setelah Athena gagal membentuk koalisi pemerintahan dan pemimpin radikal sayap kiri Yunani menolak undangan Presiden untuk perundingan terakhir.

Yunani kini berpotensi lakukan pemilu ulang pada bulan Juni dan ini tentunya hanya memperpanjang ketidak-pastian situasi politik. Sentimen turut diperburuk setelah data tunjukan fund manager kurangi posisi long emas sebesar 20% ke level terendah sejak Desember 2008.

Investor sepertinya cukup agresif mengurangi persepsi bullish pasca tajamnya penurunan harga emas.
Di pasar fisik, produsen perhiasan cukup tergiur lakukan aksi bargain-hunting. "Kami melihat minat pembelian emas fisik.

Namun, sentimen masih bearish akibat berlarutnya penguatan dollar dan kekhawatiran Yunani tidak akan dapat memecahkan masalah utangnya," kata dealer Hong Kong yang diwawancarai Reuters.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar