Jumat, 18 Mei 2012

Pembelian Fisik Topang Rally Emas

18 Mei 2012

Emas rally, menjauhi level rendah 4½ bulan, akibat rendahnya harga yang berhasil menarik pembelian emas fisik. Meski demikian, penguatan emas lebih lanjut mungkin terbatas akibat memburuknya kekhawatiran atas krisis utang zonaeuro.

"Jika dilihat dari kencangnya kenaikan maka ini dapat isyaratkan banyak investor yang alami salah posisi dan juga mengkonfirmasi tren pelemahan untuk jangka menengah,” ujar Milko Markov, analis SK Hart Management LLC.

"Singkatnya waktu dan tingginya kenaikan harga emas sinyalkan penguatan hanya bersifat short-covering," ujar trader yang diwawancarai Reuters. Sejak awal tahun, emas bergerak searah dengan aset berisiko lainnya -seperti saham, barang tambang, dan minyak- seiring investor lebih memilih untuk memegang dollar AS. Namun, korelasi tersebut sepertinya tidak berlaku.

"Anjloknya harga telah mendorong pembelian emas fisik dan ini terjadi sejak Rabu," ujar Afshin Nabavi, petinggi di MKS Finance. "Harga emas sekarang cukup menarik," tulis laporan riset VTB Capital. "Meskipun terlihat aksi bargain-hunting namun diperlukan keberlanjutan pembelian emas fisik demi menjaga kestabilan pemulihan harga emas.”

Sementara itu, World Gold Council katakan permintaan emas Cina mencatatkan rekor tertinggi di kuartal pertama; ini cukup kontras dengan fenomena penurunan permintaan emas dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar