Senin, 07 November 2011

Minyak Naik, Fokus Pada Eropa

Harga minyak mentah AS terombang-ambing naik turun pada hari Jumat, sempat pulih pada sesi tengah hari di New York setelah sempat turun psetelah rally singkat akibat data tenaga kerja AS bulan Oktober. Investor menyambuat baik kabar dari Eropa.

Yunani menahan diri dari referendum atas bailout dari Uni Eropa dan IMF sementara Italia yang juga didesak oleh pasar dan mitra Eropa lainnya setuju untuk membiarkan IMF dan Uni Eropa memantau perkembangan reformasi pensiun, pasar tenaga kerja dan privatisasi.

Minyak dan bursa saham mulai tertekan setelah Kanselir Jerman mengatakan tidak ada negara G20 yang akan berpartisipasi dalam bailout Uni Eropa. Volatilitas pada pasar juga diakibatkan oleh ketidakpastian Perdana Menteri Yunani George Papandreou menjelang mosi kepercayaan di Parlemen yang dapat menentuhkan nasib kesepakatan bailout.

Nonfarm payrolls AS naik kurang dari perkiraan di bulan oktober, namun penurunan pada tingkat pengangguran ke level rendah 6 bulan pada 9.0% dan revisi naik untuk bulan sebelumnya mendorong harga minyak naik pasca laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar